MAKALAH PSIKOLOGI KEPRIBADIAN Analisis Faktor Dan Teori Operant-Reinforcement
Dosen Pengampu : Asep Darmawan
Oleh: Nina Nurhasanah
NIM: 2122.1.1.0788
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAIM)
MUHAMMADIYAH GARUT
TAHUN 202
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis ucapkan atas rahmat
yang diberikan Allah SWT sehingga penulis Dapat menyelesaikan makalah ini
dengan judul “Analisis Faktor dan Teori
Operant-Reinforcement”
Penulis mengucapkan terima kasih kepada
dosen pembimbing yang telahmembantu penulis Dalam membuat makalah ini dan
teman-teman yang telah memberimotivasi dan dorongan Serta semua pihak yang
berkaitan sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah dengan baik Dan tepat
pada waktunya.
Penulis menyadari bahwa dalam pembuatan
makalah ini masih banyak terdapatkesalahan dan Kekurangan maka dari itu penulis
mengharapkan kritik dan saran darisemua pihak demi Perbaikan makalah ini dimasa
yang akan datang.
Bungbulang, 14 November 2021
Penyusun.
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR............................................................................................................................i
DAFATR ISI.........................................................................................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN..................................................................................................................... 1
A. Latar Belakang................................................................................................................................. 1
B. Tujuan.............................................................................................................................................. 2
C. Rumusan Masalah........................................................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN..................................................................................................................... 3
A. Analisis Faktor................................................................................................................................ 3
B. Teori
Operant-Reinforcement......................................................................................................... 9
BAB III PENUTUP............................................................................................................................ 13
A. Kesimpulan.................................................................................................................................... 13
B. Saran.............................................................................................................................................. 13
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................................................... 14
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kepribadian seseorang adalah kombinasi
unik ciri ciri psikologis yang mempengaruhi bagaimana seseorang bereaksi dan
berinteraksi dengan orang lain. Kepribadian seseorang adalah kombinasi unik
dari karakteristik psikologi yang mempengaruhi bagaimana seseorang bereaksi dan
berinteraksi dengan orang lain (Robbins&Coulter, 2007). Sebuah badan riset
terkemuka meyakini bahwa ada 5 dimensi kepribadian dasar yang mendasari semua
dimensi lainnya.
Menurut
Wikipedia psikologi kepribadian adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari
tentang kepribadian manusia melalui tingkah laku atau sikap sehari hari yang
menjadi ciri khas seseorang tersebut.
Kepribadian merupakan Salah satu bagian atau ciri khas yang istimewa dan
sangat penting bagi kehidupan manusia. Psikologi kepribadian sangatlah penting
untuk mengetahui dan mempelajari kepribadian seseorang.
Dewasa ini,
kepribadian seseorang dapat dengan mudah di pelajari bahkan tidak sedikit orang
orang yang berprofesi sebagai psikiater dan pakar pakar lainnya yang
mempelajari kepribadian seseorang. Menurut pandangannya kepribadian seseorang
dapat diukur dengan menggunakan atau melakukan penelitian pembelajaran melewati
analisis, salah satunya adalah analisis faktor.
Tidak hanya
berdasarkan analisis saja kepribadian seseorang dapat dipelajari, tetapi dengan
melibatkan teori teori yang memungkinkan mendukung dalam proses penelitian
kepribadian berlangsung, sebuah analisis tidak akan dapat dikatakan analisis
tanpa berdasarkan sebuah teori, begitu juga sebaliknya teori tidak akan
digunakan jika analisis tidak dilakukan.
Banyak sekali
persepsi mengenai hal hal tentang kepribadian seseorang. Tentu saja dalam
mempelajari kepribadian, maka dibutuhkan sumber sumber yang dipercaya, yang
dapat dibuktikan keakuratannya. Dalam hal tersebut, tidak dapat diragukan lagi
bahwa dalam pembelajaran psikologi kepribadian dibutuhkan hal hal yang
mendasari bahwa analisis faktor tersebut memang benar adanya dan dapat
dipertanggungjawabkan keakuratannya.
B. Tujuan
Adapaun tujuan pembuatan makalah ini
adalah:
1. Untuk
mengetahui tentang anlasis faktor.
2. Untuk
mengetahui teori operant-reinforcement
C. Rumusan
Masalah
Adapun permasalahan yang kami angkat
dalam penelitian ini adalah:
1. Apa
pengertian analisis faktor?
2. Apa
yang dimaksud dengan teori operant-reinforcement?
BAB II PEMBAHASAN
A. Analisis Faktor
Analisis faktor adalah sebuah teknik
yang digunakan untuk mencari faktorfaktor yang mampu menjelaskan hubungan atau
korelasi antara berbagai indikator independen yang diobservasi.
Model kepribadian lima faktor. Dalam psikologi , model kepribadian
individu yang membaginya menjadi lima sifat. Ciri-ciri kepribadian dipahami sebagai
pola pemikiran, perasaan , dan perilaku yang relatif bertahan sepanjang rentang
kehidupan individu.
Ciri-ciri yang membentuk model lima
faktor adalah ekstraversi, neurotisisme, keterbukaan terhadap pengalaman,
keramahan, dan kesadaran. Extraversion, kadang-kadang disebut sebagai operasi,
ditunjukkan oleh perilaku asertif , energik, dan suka berteman . Neurotisisme
pada dasarnya setara dengan ketidakstabilan emosional dan dapat dilihat pada
perilaku yang mudah tersinggung dan murung. Keterbukaan terhadap pengalaman,
kadang-kadang disebut sebagai intelek, menunjukkan rasa ingin tahu, perhatian,
dan kecenderungan individu.untuk tugas-tugas yang menantang secara intelektual.
Agreeableness ditunjukkan dalam perilaku empatik, simpatik, dan baik hati. Akhirnya,
kesadaran mengacu pada rasa tanggung jawab dan tugas individu serta pandangan
ke depan.
Model lima faktor dikembangkan pada
1980-an dan 90-an sebagian besar berdasarkan hipotesis leksikal , yang
menyarankan bahwa sifat-sifat dasar kepribadian manusia, seiring waktu,
dikodekan dalam bahasa. Menurut hipotesis ini, tugas psikolog kepribadian
adalah untuk memisahkan ciri-ciri penting kepribadian dari ribuan kata sifat
yang ditemukan dalam bahasa yang membedakan orang menurut disposisi perilaku
mereka . Hipotesis leksikal dapat ditelusuri ke tahun 1930-an, dan munculnya
analisis faktor ganda (metode statistik untuk menjelaskan perbedaan individu
dalam berbagai atribut yang diamati dalam hal perbedaan dalam jumlah yang lebih
kecil dari atribut yang tidak teramati, atau laten,) di dekade yang sama
memberikan empirismetode untuk memusnahkan deskripsi verbal ini. Pada paruh
kedua abad ke-20, psikolog kepribadian pada kenyataannya mengandalkan terutama
pada analisis faktor untuk menemukan dan memvalidasi banyak teori sifat mereka.
Sejumlah besar psikolog kepribadian menyimpulkan bahwa model lima faktor
mewakili hasil paling sukses dari upaya ini.
Tiga jalur penelitian telah memberikan
dukungan untuk validitas model lima faktor. Pertama dan terpenting, lima faktor
secara konsisten muncul dari analisis faktor yang dilakukan pada berbagai
kumpulan data yang terdiri dari istilah sifat deskriptif dari sejumlah bahasa,
termasuk Inggris, Cina, dan Jerman. Kedua, studi kembar dan adopsi telah
mengungkapkan komponen genetik yang substansial untuk lima faktor. Ketiga,
kelima faktor tersebut telah diterapkan di seluruh rentang kehidupan manusia.
Misalnya, penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak menggunakan lima faktor
ketika menggambarkan diri mereka sendiri dan orang lain secara bebas, dan
deskripsi bahasa alami orang tua dari anak-anak mereka dapat diklasifikasikan
menurut lima faktor. Posisi relatif individu pada lima faktor juga telah
terbukti cukup stabil di sebagian besar rentang kehidupan orang dewasa.Upaya
yang lebih baru telah berusaha untuk secara eksplisit memperlakukan lima faktor
sebagai temperamen yang hadir sejak lahir, sehingga menempatkan model lima
faktor tepat dalam perkembangan.
Terlepas dari semua keberhasilannya,
model lima faktor telah dikritik habishabisan oleh sejumlah sarjana. Salah satu
masalah menyangkut tidak adanya komprehensifteori. Hipotesis leksikal, meskipun
menarik dan rasional, dianggap oleh beberapa sarjana terlalu sempit untuk
dikualifikasikan sebagai teori kepribadian. Isu terkait menyangkut sifat
generik dari faktor-faktor, yang diduga terlalu luas untuk memberikan pemahaman
yang cukup kaya tentang kepribadian manusia. Kritik juga telah mengangkat
keprihatinan metodologis yang penting, yang berkisar pada penggunaan analisis
faktor sebagai alat utama penemuan dan validasi untuk metode lima faktor.
Akhirnya, ketidaksepakatan di antara ahli teori sifat juga menonjol dalam
literatur. Beberapa peneliti berpendapat bahwa tiga sifat sudah cukup:
ekstraversi, neurotisisme, dan psikotisisme (ditandai dengan perilaku
egosentris, dingin, dan impulsif). Yang lain berpendapat bahwa sejumlah besar
sifat diperlukan untuk memberikan gambaran yang komprehensiftaksonomi.
Model kepribadian lima faktor
1. Psikologi oleh James W. Grice.
Model kepribadian lima faktor , dalam
psikologi , model kepribadian individu yang membaginya menjadi lima sifat.
Ciri-ciri kepribadian dipahami sebagai pola pemikiran, perasaan , dan perilaku
yang relatif bertahan sepanjang rentang kehidupan individu.
Ciri-ciri yang membentuk model lima
faktor adalah ekstraversi, neurotisisme , keterbukaan terhadap pengalaman,
keramahan, dan kesadaran. Extraversion, kadang-kadang disebut sebagai operasi,
ditunjukkan oleh perilaku asertif , energik, dan suka berteman . Neurotisisme
pada dasarnya setara dengan ketidakstabilan emosional dan dapat dilihat pada
perilaku yang mudah tersinggung dan murung. Keterbukaan terhadap pengalaman,
kadang-kadang disebut sebagai intelek, menunjukkan rasa ingin tahu, perhatian,
dan kecenderungan individu.untuk tugas-tugas yang menantang secara intelektual.
Agreeableness ditunjukkan dalam perilaku empatik, simpatik, dan baik hati.
Akhirnya, kesadaran mengacu pada rasa tanggung jawab dan tugas individu serta
pandangan ke depan.
The five-factor model was developed in
the 1980s and ’90s largely on the basis of the lexical hypothesis, which
suggested that the fundamental traits of human personality have, over time,
become encoded in language. According to this hypothesis, the task of the personality
psychologist is to cull the essential traits of personality from the thousands
of adjectives found in language that distinguish people according to their
behavioral dispositions. The lexical hypothesis can be traced to the 1930s, and
the advent of multiple-factor analysis (a statistical method for explaining
individual differences in a range of observed attributes in terms of
differences in a smaller number of unobserved, or latent, attributes) in the
same decade provided an empirical method for culling these verbal descriptions.
In the second half of the 20th century, personality psychologists in fact
relied primarily on factor analysis to discover and validate many of their
trait theories. A large number of personality psychologists concluded that the
five-factor model represented the most successful outcome of these efforts.
Three lines of research have provided
support for the validity of the fivefactor model. First and foremost, the five
factors have consistently emerged from factor analyses conducted on numerous
data sets composed of descriptive trait terms from a number of languages,
including English, Chinese, and German. Second, twin and adoption studies have
revealed a substantial genetic component to the five factors. Third, the five
factors have been applied across the human life span. For instance, studies
have shown that children use the five factors when freely describing themselves
and others, and parents’ naturallanguage descriptions of their children can be
classified according to the five factors. Individuals’ relative standings on
the five factors have also been shown to be fairly stable across much of the
adult life span. More-recent efforts have sought to explicitly treat the five
factors as temperaments that are present from birth, thus placing the
five-factor model squarely in a developmental konteks.
Terlepas dari semua keberhasilannya,
model lima faktor telah dikritik habis-habisan oleh sejumlah sarjana. Salah
satu masalah menyangkut tidak adanya komprehensifteori. Hipotesis leksikal,
meskipun menarik dan rasional, dianggap oleh beberapa sarjana terlalu sempit
untuk dikualifikasikan sebagai teori kepribadian. Isu terkait menyangkut sifat
generik dari faktor-faktor, yang diduga terlalu luas untuk memberikan pemahaman
yang cukup kaya tentang kepribadian manusia. Kritik juga telah mengangkat
keprihatinan metodologis yang penting, yang berkisar pada penggunaan analisis
faktor sebagai alat utama penemuan dan validasi untuk metode lima faktor.
Akhirnya, ketidaksepakatan di antara ahli teori sifat juga menonjol dalam
literatur. Beberapa peneliti berpendapat bahwa tiga sifat sudah cukup:
ekstraversi, neurotisisme, dan psikotisisme (ditandai dengan perilaku
egosentris, dingin, dan impulsif). Yang lain berpendapat bahwa sejumlah besar sifat
diperlukan untuk memberikan gambaran yang komprehensiftaksonomi .
Model lima faktor kemungkinan akan
terus berlanjut di masa mendatang sebagai model sifat populer dari kepribadian
manusia. Lima faktor telah terbukti sangat berguna bagi para peneliti dan
praktisi di berbagai bidang, seperti domain sosial, klinis, dan
industri-organisasi. Model ini tidak diragukan lagi telah menghasilkan banyak
penelitian dan diskusi, dan telah memainkan peran penting dalam merevitalisasi
disiplin psikologi kepribadian.
Tahun 1980-an dan awal 1990-an,
kebanyakan psikolog kepribadian mulai condong pada model lima faktor. Big Five
Personality telah ditemukan di antara beragam budaya, dan menggunakan banyak
bahasa (McCrae & Allik, dalam Feist & Feist, 2009). Selain itu, Costa
& McCrae menambahkan Big Five Personality bertahan seiring pertambahan
usia, apabila tidak terdapat penyakit yang merusak otak seperti, Alzheimer. Hal
ini menekankan bahwa Big Five Personality memiliki kecenderungan untuk
mempertahankan struktur kepribadian yang sama (Feist & Feist, 2009).
Menurut De Raad (dalam Sudjiwanati,
2008) Big Five Personality merupakan pendekatan dalam psikologi kepribadian
yang mengelompokkan sifat kepribadian dengan analisis faktor. Feist & Feist
(2010) menyatakan bahwa big five personality adalah salah satu teori
kepribadian yang dapat memprediksi dan menjelaskan perilaku secara baik. Big
Five Personality merupakan suatu pendekatan yang digunakan dalam psikologi
untuk melihat kepribadian manusia melalui sifat yang tersusun dalam lima buah
domain kepribadian yang telah dibentuk dengan menggunakan analisis faktor. Big
Five Personality tersebut meliputi neuroticism, extraversion, openness to
experience, agreeableness, dan conscientiousness.
McCrae & John (1990)
mendefinisikan model big five personality merupakan suatu organisasi hirarki
dari karakteristik kepribadian dalam bentuk lima dimensi dasar. Kelima dimensi
dasar yaitu neuroticism, Extraversion, openness to experience, agreeableness,
dan conscientiousness. Menurut Pervin (2010) Big Five Personality in trait
factor theory, the five major trait categories including emotionality,
activity, and Sociability factors. Artinya, bahwa big five personality
merupakan teori faktor sifat, dengan lima kategori Sifat secara umum meliputi
emosi, tindakan, dan faktor sosial.
Dari pengertian di atas, maka yang
dimaksud dengan trait personality dalam penelitian ini adalah Big five trait
personality yang merupakan pendekatan psikologi yang memiliki lima sifat
kepribadian Neuroticism, extraversion, openness to experience, agreeableness,
dan conscientiousness yang digunakan untuk menganalisa kepribadian seseorang.
Model ini merupakan kerangka kerja untuk melihat atau menguji secara sistematis
psikofisiologi, perilaku, psikologi dan genetik berdasarkan sifat yang
digunakan untuk mendeskripsikan kepribadian.
2. Deskripsi Alat Ukur Trait
Personality
Ketahanan model
lima faktor telah diamati melalui metode, beberapa bahasa, dan budaya (McCrae
& Costa, Dalam Caprara & Cervone, 2000) penelitian dilakukan pada tahun
1980-an dan 1990-an. Pendukung dari Big
five (Goldberg & John, dalam Caprara & Cervone, 2000) dan model lima
faktor (McCrae & Costa, Dalam Caprara & Cervone, 2000) menyatakan bahwa
fakta yang paling mendasar dari psikologi kepribadian adalah kecenderungan
dapat menggambarkan dengan baik sifat dari lima dimensi. Model kepribadian lima
Faktor merupakan teori yang menjelaskan hubungan dalam kognisi, afeksi, dan
perilaku (Caprara & Cervone, 2000).
Alat ukur yang peneliti gunakan untuk
mengukur big five trait personality yaitu dengan menggunakan BFI (Big Five
Inventory). Peneliti mengadaptasi alat ukur BFI, karena memiliki nilai
reliabilitas yang tinggi ratarata diatas .80 pada sampel AS dan Kanada.
Keuntungan BFI (Big Five Inventory) adalah lebih efisien, item pada BFI lebih
pendek, dan lebih mudah dipahami (John, Naumann & Soto, dalam John, Robins
& Pervin, 2008). Pada penelitian ini, peneliti mengembagkan alat ukur BFI
yang Terdiri dari 44 item.
Setelah peneliti mengadaptasi BFI,
hasilnya menjadi 60 item yang mewakili kelima dimensi dari 30 sifat dari trait
personality big five.
B. Teori
Operant-Reinforcement
Dalam bukunya yang berjudul about
behaviorism seorang tokoh psikologi behaviorisme, B.F. Skinner, mengemukakan
bahwa tingkah laku itu terbentuk oleh konsekuensi-konsekuensi yang ditimbulkan
oleh tingkah laku itu sendiri (Bruno, 1987). Dalam teorinya operant conditioning (pembiasaan perilaku respon)
disebutkan bahwa respon terjadi tanpa didahului oleh stimulus, melainkan
terjadi akibat adanya reinforcement (penguatan). Reinforcer ini menimbulkan dan
meningkatkan respon-respon tertentu, akan tetapi tidak terjadi dengan sengaja.
Jadi reinforcer ini merupakan proses
alamiah yang memang tidak disusun sebelumnya.
Teorinya ini didasarkan pada
penelitianya terhadap seekor tikus yang diletakkan didalam skinner box. Skinner
box ini terdiri atas tombol yang bilamana ditekan akan mengeluarkan makanan.
Dalam penelitiannya, mula-mula tikus akan mengeluarkan emitted behavior yang tidak mempedulikan stimulus-stimulus
tertentu. Namun, secara tidak sengaja si tikus menginjak pengungkit yang akan
mengeluarkan makanan. Dalam percobaannya yang dilakukan secara terus-menerus
inilah didapatkan hasil bahwa tikus akan semakin cepat menginjak pengungkit
untuk mendapatkan makanan dibanding waktu pertama kalinya.
Makanan disinilah yang merupakan bentuk
reinforcement, sedangkan menginjak pengungkit merupakan tingkah laku operant
yang akan terus meningkat seiring terjadinya reinforcement tersebut. Namun,
jika tidak terdapat reinforcement, maka tingkah laku akan menurun bahkan
menghilang. Untuk menjelaskan proses keduanya maka bisa dilihat dari law of
effect.
Terdapat 2 law of effect yang
mempengaruhi teori operant conditioning, yakni: law of operant conditioning dan
law of operant extinction. Law of operant conditioning terjadi jika munculnya
tingkah laku operant diikuti dengan reinforcment, ketika itu terjadi terus
menerus maka akan terjadi penguatan terhadap tingkah laku itu.
Law of operant extinction dapat terjadi
jika tingkah laku yang telah diperkuat sebelumnya tidak lagi diiringi oleh
stimulus penguat (reinforcment) sehingga tingkah laku tersebut akan menurun
intensitasnya bahkan menghilang.
Sedangkan dalam pemberian reinforcment
itu sendiri terdiri dari 2 bentuk, yaitu positive reinforcment dan negative
reinforcment. Positive reinforcement terjadi ketika perilaku diikuti penambahan
stimulus yang menghasilkan penguatan perilaku dengan memberikan kenyamanan pada
sipelaku. Contohnya adalah seperti yang terjadi pada penelitian B.F Skinner
kepada tikus yang berada dalam skinner box.
Lalu reinforcement negative terjadi
ketika perilaku diikuti oleh pengurangan stimulus yang menghasilkan penguatan
perilaku dengan mengurangi ketidaknyamanan. Contohnya adalah anak yang
mempunyai beban rumah tangga seperti menyapu, mengepel dan mencuci, akan tetapi
ia malas sekali belajar. Lalu suatu saat ia rajin belajar, ketika itu ibu dari
si anak mengurangi beban si anak untuk menyapu, mengepel dan mencuci, sehingga
akan terjadi penguatan untuk selalu rajin belajar.
Reinforcement
positive vs reward dan reinforcement negative vs punishment.
Telah disinggung sebelumnya mengenai
reinforcement positive dan negative. Lalu apa beda keduanya dengan punishment
dan reward?
Secara simple dijelaskan bahwa
punishment merupakan stimulus yang diberikan ketika perilaku terjadi untuk
mengurangi perilaku tersebut. Contohnya adalah ketika siswa terlambat datang
sekolah, lalu ia dijemur ataupun disuruh berlari mengelilingi lapangan.
Sedangkan reward adalah pemberian hadiah
ketika terjadi perilaku yang diharapkan dengan tujuan terjadi penguatan
perilaku. Pemberian stimulus ini akan mendatangkan efek rewarding. Contohnya
jika anak membersihkan rumah maka ia akan diberikan sejumlah uang.
Namun antara rewarding dan punishment
pada dasarnya tidak akan memberikan dampak yang signifikan bagi si pelaku. Ada
beberapa faktor yang mempengaruhi effektif atau tidaknya sebuah punishment
maupun rewarding.
1. Immediacy
(kesegeraan)
Sebuah pemberian punishment maupun
reward dapat effektif jika pemberian itu dilakukan dengan segera. Artinya tidak
terjadi penundaan ketika perilaku tersebut muncul.
2. Contigency
(konsistenan)
Jika pemberian
punishment maupun reward tidak dilakukan secara terus menerus atau tidak
konsisten maka yang terjadi adalah tidak terjadi internalisasi nilai-nilai dari
pemberian punishment dan reward tersebut.
3. Establishing
operations (kejadian yang merubah nilai)
Ketika nilai-nilai
telah masuk melalui pemberian punishment maupun reward, kadangkala terjadi
sebuah kejadian dimana nilai-nilai tersebut dapat berubah. Contoh jika ia
belajar bahwa tidak boleh berkata kasar, namun ketika ia berada diluar
lingkungannya ia melihat banyak orang yang berkata kasar, maka akan terjadi
perubahan nilai-nilai yang telah ditanamkan sebelumnya melalui proses
punishment dan rewarding ini.
4. Individual
differences (perbedaan individual)
Pemberian
punishment dan rewardin juga harus melihat perbedaan individu seperti usia,
budaya, agama, status sosial, dll. Ketika seorang anak menunjukan perilaku baik
maka ia diberikan reward sebuah permen. Namun
jika hal ini dilakukan kepada orang dewasa maka belum tentu langkah
(pemberian reward) ini effektif terhadap si orang dewasa ini.
Kekurangan dan kelemahan dari teori Operant conditioning
Teori-teori operant
conditioning maupun operant classical seringkali dipertanyakan secara prinsip
penggunaannya. Banyak ilmuwan melihat bahwa teori-teori belajar semacam ini
secara prinsip bersifat behavioristik yaitu hnay melihan dari timbulnya
perilaku jasmaniah yang dapat diukur. Sedangkan pada kenyataannya perilaku jasmaniah ini hanya merupakan sebagian dari
gejala-gejalanya,bukan mempresentasikan keseluruhan perilaku dari seseorang.
Selain itu teori ini juga dianggap bersifat otomatis-mekanis sehingga perilaku
yang terjadi terkesan seperti kinerja mesin dan robot yang memang dapat diatur
sebelumnya. Akan tetapi teori-teori belajar dari B.F Skinner, Ivan Pavlov,
maupun Thorndike telah banyak dipercaya oleh para ahli dalam hal pendidikan
seperti yang terjadi di Indonesia saat ini.
Diantara kelemahan-kelemahan dari teori B.F skinner adalah
1. Proses
belajar itu dapat diamati secara langsung, padahal proses belajar merupakan
proses mental yang tidak dapat dilihat dan diamati dari luarnya saja. Perilaku
luarnya hanya menggambarkan sedikit dari proses mental tersebut yang terjadi
didalamnya. Ibarat sebuah gunung es.
2. Proses
belajar bersifat otomatis-mekanis. Kesan-kesan terhadap proses belajar ibarat
sebuah mesin dan robot. Hal ini jelas menghilangkan sifat kemanusiaan manusia.
Seperti yang telah diketahui sebelumnya manusia selalu mempunyai selfdirection,
self control, ideal self, dan lain-lain. Sehingga tidak mungkin menjelaskan
perilaku manusia hanya seperti robot.
3. Proses
belajar manusia dalam teori ini cenderung disamakan dengan perilaku hewan. Pada
dasarnya banyak sekali perbedaan karakter yang mencolok antara hewan dengan
manusia.
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari penjelasan diatas dapat
disimpulkan bahwa Ciri-ciri yang membentuk model lima faktor adalah
ekstraversi, neurotisisme , keterbukaan terhadap pengalaman, keramahan, dan
kesadaran. Extraversion, kadang-kadang disebut sebagai operasi, ditunjukkan
oleh perilaku asertif , energik, dan suka berteman . Neurotisisme pada dasarnya
setara dengan ketidakstabilan emosional dan dapat dilihat pada perilaku yang
mudah tersinggung dan murung. Keterbukaan terhadap pengalaman, kadang-kadang
disebut sebagai intelek, menunjukkan rasa ingin tahu, perhatian, dan kecenderungan
individu.untuk tugas-tugas yang menantang secara intelektual. Agreeableness
ditunjukkan dalam perilaku empatik, simpatik, dan baik hati. Akhirnya,
kesadaran mengacu pada rasa tanggung jawab dan tugas individu serta pandangan
ke depan.
Reinforcment itu sendiri terdiri dari 2 bentuk, yaitu positive
reinforcment dan negative reinforcment. Positive reinforcement terjadi ketika
perilaku diikuti penambahan stimulus yang menghasilkan penguatan perilaku
dengan memberikan kenyamanan pada sipelaku. Contohnya adalah seperti yang
terjadi pada penelitian B. F Skinner
kepada tikus yang berada dalam skinner box.
Lalu reinforcement
negative terjadi ketika perilaku diikuti oleh pengurangan stimulus yang
menghasilkan penguatan perilaku dengan mengurangi ketidaknyamanan. Contohnya
adalah anak yang mempunyai beban rumah tangga seperti menyapu, mengepel dan
mencuci, akan tetapi ia malas sekali belajar. Lalu suatu saat ia rajin belajar,
ketika itu ibu dari si anak mengurangi beban si anak untuk menyapu, mengepel
dan mencuci, sehingga akan terjadi penguatan untuk selalu rajin belajar.
B. Saran
Penulis menyadari bahwa dalam pembuatan
makalah ini masih banyak terdapat kesalahan dan kekurangan maka dari itu
penulis mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak demi perbaikan makalah
ini dimasa yang akan datang.
DAFTAR PUSTAKA
http://borneoneo.wordpress.com/2008/09/16/tujuan-dan-fungsi-supervisi/
Caprara, Gian Vittori., & Cervone, Daniel. (2000).
Personality: determinants, dynamics, and potentials. UK: Cambridge University
Press.
Feist, Jess., & Feist, Gregory. J. (2009). Theories of
personality. 7Th edition. New York: McGraw-Hill.
Feist, Jess., & Feist, Gregory J.
(2010). Teori kepribadian: Theories of personality.
Jakarta: Salemba Humanika.
John, O.P., Naumann, L.P., & Soto, C.J. (2008). Chapter
four: Paradigm shift to the integrative big five trait
Taxonomy. Dalam Oliver P. John,
Richard W. Robins & Lawrence A.Pervin. Handbook of
Personality: Theory and Research.
(11)
0 Response to "MAKALAH PSIKOLOGI KEPRIBADIAN Analisis Faktor Dan Teori Operant-Reinforcement"
Post a Comment